Volume 12 Nomor 2 Juni 2024
Strategi komunikasi literasi maritim kepada masyarakat untuk menguatkan keberadaan indonesia sebagai negara kepulauan
Kata Kunci:
Strategi, Komunikasi, Literasi, Maritim, Kepulauan.Abstrak
Sebagai negara kepulauan, Indonesia kaya akan sumber daya dari sektor kelautan. Kekayaan ini sangat beragam dan memiliki nilai ekonomi sangat tinggi sehingga diharapkan mampu mensejahterakan bangsa Indonesia jika dikelola dengan baik. Disamping itu, gugus kepulauan yang membentuk negeri ini membentang luas diantara dua samudera dan dua benua. Hal ini menyebabkan Indonesia memiliki posisi strategis penting, menjadi salah satu choke poin pelayaran internasional. Akan tetapi, hingga saat ini masih sedikit masyarakat yang memahami potensi besar laut kita akibat berbagai hal, termasuk didalamnya adalah budaya agraris dan pendidikan bahari yang rendah dan ditanamkan sejak zaman penjajahan pada era kolonial. Atas situasi ini, literasi maritim menjadi sesuatu yang penting untuk disampaikan pada seluruh anak bangsa. Strategi komunikasi yang disusun dengan matang akan lebih mempertajam upaya mendekatkan bangsa Indonesia kepada laut. Melalui penelitian yang menggunakan metode kualitatif, peneliti berupaya menggali lebih dalam tentang strategi komunikasi ideal sebagai media literasi maritim kepada masyarakat demi tumbuhnya kesadaran dan keinginan untuk mengolah secara lebih baik atas keunggulan ekonomi dan strategis Indonesia sebagai negara kepulauan. Beberapa strategi diajukan antaranya; pendidikan (formal dan informal); Kampanye melalui media cetak dan digital; dan publikasi ilmiah secara intens pada riset-riset kelautan. Kesimpulan penelitian ini ada beberapa strategi komunikasi yang efektif dalam menguatkan pemahaman, sikap dan keterampilan masyarakat agar memiliki kesadaran kesadaran kolektif Indonesia sebagai negara kepulauan yaitu melalui pendidikan keluarga, pendidikan di sekolah, kampanye literasi maritim dan pengembangan riset kemaritiman.
